Memilih VGA Card Untuk Komputer Kita



VGA Card adalah singkatan dari Video Graphic Adapter Card atau bisa disebut dengan istilah Kartu Grafis yang memiliki fungsi untuk mengolah gambar yang akan di tampilkan ke monitor Komputer. Inti dari VGA ialah GPU (Graphic Processing Unit) atau VPU (Visual Processing Unit). 

VGA memiliki Memory yang fungsinya mirip dengan Memory RAM, yaitu untuk menyimpan data sebelum dan sesudah di olah oleh GPU. Semakin besar memory yang dimiliki VGA, maka semakin bagus kinerjanya. Kecepatan sebuah RAM pada VGA dapat dilihat dari jenis generasinya

  • DDR2 – kecepatan antara 400 – 800 MHz
  • DDR3 – Kecepatan antara 1000 – 1800 MHz
  • DDR4 – Kecepatan antara 1800 – 2200 MHz
  • Dan generasi terakhir yang beredar saat ini adalah DDR5 dengan kecepatan antara 3000 – 4000 MHz

Selain besar kecil nya memory kita juga harus melihat besar lebar Memory bit (bus) nya atau lebar jalur data yang dimiliki pada sebuah VGA.  BIT pada VGA bukanlah ketajaman warna seperti pada propertis windows. Jadi semakin besaran bit pada VGA semakin besar pula jalur data yang di kirim atau yang akan di olah menjadi gambar.

Sebagai contoh : VGA A dengan memory speed  1 GHz DDR3 64 bit dan VGA B dengan Memory speed  512 MHz DDR3 128 bit. Maka VGA yang paling cepat adalah VGA B meskipun memory clock nya hanya 512 MHz. 

Untuk mengetahuinya digunakan rumus berikut : (memory bus (bit) x Memory speed ) di bagi 8
  • VGA A = (64bit x 1000 MHz) / 8 = 8.000 atau 8 Gb per second
  • VGA B = (128bit x 512 MHz) / 8 = 8.192 atau 8,2 Gb per second

Maka dari perhitungan di atas didapati VGA A dengan memory Bandwidth 8Gb/s dan VGA B dengan memory Bandwidth 8,2Gb/s 

Jadi dalam memilih VGA Card untuk computer kita harus di perhatikan speck memory, Memory Speed, dan Memory Bus (Bit) pada suatu VGA. Dan sebagai catatan semakin besar bit pada VGA maka semakin mahal pula harganya.

Related Posts:

0 Response to "Memilih VGA Card Untuk Komputer Kita"

Posting Komentar